HIMAHI UWH Sukses Gelar LKMMTD 2019

  • nfs 
DSC01345

SEMARANG, HIMAHIUWH.OR.ID- HIMAHI Unwahas kali ini telah sukses mengadakan acara LKMMTD (Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) di Auditorium Kampus Pascsarjana Unwahas Kalipancur, Semarang selama dua hari sejak 22 Oktober 2019. Acara ini ditujukan oleh Mahasiswa HI Unwahas angkatan 19. Menurut Ketua Acara LKMMTD, Ahmad Miftahul Khoir acara ini bertujuan untuk meningkatkan skill kepemimpinan dan manajemen mahasiswa HI  khususnya pada manajemen keuangan, waktu, dan sebagainya.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kajur HI, Dr. Ismiyatun, S.IP., M.Si. dan Dekan FISIP Unwahas, Agus Riyanto, S.IP., M.Si.  Selanjutnya Danny Arno Saputro, Kemendagri BEM U menyampaikan topik pertama yaitu Dialog Eksistensi Sebagai Mahasiswa HI Unwahas dan topik kedua,  Identitas Sebagai Mahasiswa HI Unwahas. Dalam penjelasannya, Danny juga menyampaikan tentang AKL (Analisis Kondisi Lingkungan) yang dihadapi ketika membuat suatu kegiatan, “Ada 6 hal penting dalam AKL yaitu manusia, proses, fasilitas dan peralatan, sistem, produk dan jasa, dan terakhir keuangan,”jelasnya. Topik selanjutnya yaitu “Point of Stake in IR” dan “Perancangan Studi di HI” disampaikan oleh Kajur HI. Sedangkan Muhammad Nuh, S.Sos, M.Si. menyampaikan topik terakhir (Studi Kasus Manajemen) pada hari pertama.

Pada hari kedua, Kemahasiswaan,  Rifqi Fahrudin, S.Pd. menyampaikan topik “Administrasi Kesekretariatan” dan “Administrasi  Keuangan”. Acara dilanjutkan dengan penyampaian topik “Hakikat Motivasi” oleh Agus Riyanto, “Pengambilan Keputusan” oleh Ali Martin, dan “Pengendalian Konflik” oleh Harun Niam, S.IP., M.Si. Selanjutnya Muhammad Rouf Efendi, Presiden Bem Unwahas menyampaikan topik “Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan” lalu topik “Penyempurnaan Usulan Kegiatan” disampaikan oleh Isma Wati, demisioner Kahim Unwahas dan topik “Dasar-Dasar Organisasi HIMAHI”, “Pengorganisasian Kegiatan atau Kepanitian” disampaikan oleh Kahim Unwahas, Naufal Afif Azmi. Terakhir, Kadiv HIMAHI menyampaikan topik “Komunikasi Antar Unit Kerja”. Penyematan korsa HI oleh Kajur Unwahas kepada Ripal Ma’ruf, mahasiswa HI 2019 menandai berakhirnya acara LKMMTD tersebut.

Penyematan korsa HI kepada Ripal Ma’ruf, HI 19 oleh Kajur HI, Dr. Ismiyatun, M.Si.

Khoir selaku ketua panitia berharap dengan adanya acara ini Mahasiswa HI dapat menjadi kader-kader di berbagai organisasi khususnya yang berada di Unwahas dan menjadi bibit unggul dalam berbagai bidang. Selain itu, Khoir juga menyampaikan kendala yang dihadapi dalam menyukseskan acara LKMMTD. “Kendalanya berada pada tempat kegiatan yang jauh dari tempat tinggal mahasiswa HI yang mana kebanyakan mahasiswa HI itu tidak memiliki kendaraan pribadi dan akhirnya mengakibatkan terjadinya kemoloran waktu dan itu tidak hanya terjadi pada peserta saja namun juga pada panitia,” jelasnya.

Ketika ditanyai tentang kesan-kesan terhadap acara ini, Zumrotul Musyarofah, mahasiswa HI 2019 mengatakan bahwa acara ini memberikan banyak ilmu untuknya dan beberapa pemateri sudah memaparkan apa yang akan dihadapi dalam berorganisasi. “Terima kasih untuk para panitia yang telah menyelenggarakan acara ini dengan sukses,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *