Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u4720160/public_html/wp-includes/post-template.php on line 310
2019-01-21 02.02.27 1

SEMARANG, HIMAHIUWH.OR.ID– Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Wahid Hasyim (HIMAHI UNWAHAS) menyelenggarakan acara International Relations Leadership Development Camp (IRLDC 3.0) pada tanggal 17-18 Januari 2019 di Vila El Roi Bandungan. Acara yang diwajibkan untuk pengurus HIMAHI Unwahas 2019  ini bertujuan untuk mensolidkan personalia dari setiap individu yang ada di dalam kepengurusan HIMAHI Unwahas 2019, menyatukan persepsi dan program kerja himpunan, serta upgrading sistem maupun sinergi HIMAHI Unwahas ke arah yang lebih baik. Dengan mengusung tema Get Solidarity with Chemistry, Naufal Afif Azmi, ketua HIMAHI 2019 mengungkapkan, “Dalam pelaksanaannya, IRLDC tahun ini mencoba mensinergikan dengan visi serta misi saya dalam mengemban amanah ini yang mana menjadikan HIMAHI menjadi rumah bagi masyarakat HI dengan menyatukan rasa, cita, dan harapan. Maka dari itu, saya mengangkat tema Get Solidarity with Chemistry.”

Pada hari pertama seluruh pengurus HIMAHI 2019 berkumpul di Lab School Unnes untuk bersama menuju Vila El Roi Bandungan. Meski diguyur hujan, semangat jiwa muda mereka tak luntur sedikitpun. Pukul 16.00 semua peserta IRLDC berkumpul dengan kelompok masing-masing. Sebelumnya telah dibagi beberapa kelompok yaitu kelompok UN, IMF, EU, ASEAN, NATO dan WTO. Yel-yel dari masing-masing kelompok menambah suasana suka cita pada sore itu.

Sesi doa bersama sekaligus membaca Asmaul Husna dilakukan setelah magrib. Setelahnya terdapat sesi sharing yang diisi oleh Ismawati, ketua HIMAHI 2018 dengan moderator Almaida Era Rahmita, wakil ketua HIMAHI 2019. Perwakilan setiap divisi tak luput membagikan pengalaman mereka selama OPREC hingga sekarang di HIMAHI Unwahas. Dr. Ismiyatun, M.Si, kepala jurusan HI juga ikut serta dalam sesi proker besar tentang literasi.

Di tengah sesi api unggun, ketua HIMAHI terdahulu yaitu Taher Arafat (2016), Rouf Efendi (2017), dan Ismawati (2018) membagikan cerita kisah perjuangan mereka dalam menjaga dan merawat HIMAHI. Taher Arafat membagikan sebuah pesan untuk HIMAHI 2019, “Jangan sia-siakan perjuangan yang sudah dirintis pendahulu-pendahulu kalian di HIMAHI Unwahas.”  Selain itu mereka juga berpesan agar selalu menjaga kekeluargaan dan nama baik HIMAHI Unwahas. Niswatul Harisa, bendahara 2 HIMAHI 2019 mengungkapkan bahwa moment tersebut adalah moment yang sangat berkesan dalam IRLDC 3.0, “Karena di moment tersebut mereka seperti memberitahu kita atas HIMAHI yang penuh kekeluargaan dan tidak ada sekat antar angkatan tetapi tetap saling menghargai satu sama lain.” Niswatul juga sangat termotivasi akan hal tersebut, “Dengan semangat, doa, pantang menyerah dan yakin, pasti usaha kita tidak akan sia-sia dan akan berbuah manis,” sambungnya. Sesi selanjutnya yaitu BBQ Night menambah suasana hangat pada malam itu.

Pagi hari (18/01) terdapat sesi senam pagi yang dipimpin oleh Ahmad Miftahul Khoir, anggota Divisi Mikat HIMAHI 2019. Setelahnya permainan intipun dimulai, mulai dari voli air, banteng takeshi hingga lempar-lemparran tepung warna-warni. Rasa capai seketika hilang ketika sesi makan bersama. Rasa kebersamaan terasa sekali pada pagi itu. Berakhirnya sesi makan bersama menandakan berakhirnya IRLDC 3.0 ini.

Sesi makan bersama dalam acara IRLDC 3.0.

Naufal menjelaskan perbedaan IRLDC tahun ini dengan sebelumnyaa, “Setiap pergerakan memiliki cara yang berbeda dalam melangkah, bagaikan sebuah tabiat yang dimiliki individu. Dalam berorganisasipun demikian, demi terciptanya siklus yang baik di dalamnya maka diperlukan upgrading dalam tatanan sistemnya. Pada masa transisi ini, HIMAHI 2019 mencoba mengembangkan dan memperbaiki siklus ini, semata bukan karena otoritas namun menuju HIMAHI yang lebih baik pasti membutuhkan perubahan tatanan di dalamnya.” Dia juga menambahkan bahwa IRLDC tahun ini terasa berbeda dalam metode pelaksanaanya, “Karena pada hakikatnya sasaran utama dalam agenda ini adalah internal pengurus HIMAHI sendiri.”

Naufal juga berharap pengurus HIMAHI Unwahas 2019 lebih istikamah dalam mengemban amanat, selalu kompak dalam bergerak, semangat, dan bisa menjadi himpunan yang lebih baik dari sebelumnya, “Yang mana bukan hanya baik untuk kami yang ada di dalamnya namun juga bisa menjadi panutan bagi teman-teman mahasiswa lain yang sedang berproses juga dalam mengemban amanat di organisasi mereka masing-masing,” pungkasnya. (nfs)

By nfs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *