Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u4720160/public_html/wp-includes/post-template.php on line 310
WORKSHOP JURNAL DAN PKM 1

SEMARANG, HIMAHIUWH.OR.ID ㅡ Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) HIMAHI UNWAHAS kali ini mengadakan workshop pada hari Jumat (2/11). Acara ini bertujuan untuk mengembangkan softskill mahasiswa dalam bidang tulis menulis terlebih untuk PKM dan jurnal. Pembicara yang diundang adalah Dr. Andi Purwono, S.Ip., M.Si selaku dosen Hubungan Internasional UNWAHAS dan Wakil Rektor III UNWAHAS. Lalu pembicara yang kedua adalah Tiara Dwi Syania selaku penerima Gold Medal di PKM Pimnas. Acara ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNWAHAS.

Acara ini dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh ketua Divisi LITBANG, Karina Natalia A.K (HI 16). Untuk sesi pertama diberikan kepada Bapak Andi Purwono. Beliau menjelaskan dasar-dasar menulis jurnal yang kemudian diikuti dengan penjelasan tata cara membuat jurnal yang baik dan benar. Selain jurnal, beliau juga menyinggung sedikit tentang artikel ilmiah dan sedikit penjelasan tentang jenis-jenis artikel. Menurut beliau, tulisan atau artikel yang baik adalah konsisten judul dan isinya sama. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang akan dijawab oleh pembicara pertama.

Penyerahan cinderamata oleh Ketua Divisi LITBANG kepada Bapak Dr. Andi Purwono, S.Ip., M.Si

Sesi kedua diisi oleh Tiara Dwi Syania selaku penerima gold medal dalam PKM Pimnas. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diselenggarakan oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti dengan tujuan agar tidak hanya baik dibidang lisan tetapi juga tulis menulis. Kak Tiara menceritakan pengalamannya mengikuti PKM Pimnas dan juga menjelaskan tahapan-tahapan seleksi PKM. Kak Tiara mengangkat judul Manuskrip Cerita Rakyat Wonogiri karena menurutnya anak muda zaman sekarang sudah banyak lupa dengan budayanya sendiri. Jadi ia berinisiatif untuk meneliti dan menceritakan kembali melalui bukunya. Setelah Kak Tiara bercerita tentang pengalaman, dibuka kembali sesi tanya jawab dan menjadi agenda penutup pada acara kali ini.

Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk kita semua kedepannya. Salam semangat menulis! (anin)

By nfs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *